English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Pages

Kamis, 16 Desember 2010

PES 2011 – Review Pro Evolution Soccer 2011



PES 2011 Pro Evolution Soccer 2011 Logo PES 2011 (Pro Evolution Soccer 2011) sudah di rilis! Setelah penantian panjang selama ini gamer akhirnya bisa mencicip versi terbaru dari game simulasi sepak bola yang terkenal di dunia yaitu PES 2011 pada bulan oktober tahun ini.
Kali ini KONAMI sepertinya benar-benar mengerti keinginan para gamer untuk memasukkan berbagai fitur baru dan perbaikan yang cukup banyak pada PES 2011. Maklum karena seri PES sebelumnya memang cukup mengecewakan terbukti banyaknya kritik di forum-forum game dan fanspage PES.

Saya akan coba menulis review PES 2011 

Mari kita lihat seberapa hebat game ini 

Kualitas Grafis Yang Memukau

Selain gameplay, salah satu ukuran penting dalam game simulasi sepak bola adalah kualitas grafis yang ditampilkan. PES 2011 menampilkan tampilan menu game yang sangat berbeda dan benar-benar keren! Terlihat lebih simpel dan atraktif dibanding versi sebelumnya. 
PES 2011 Menu Design
PES 2011 Menu Kick Off
Animasi yang ditampilkan pada pergerakkan pemain terlihat lebih hidup dan alami. Tidak heran karena Konami sudah menambahkan 1000+ gerakkan baru, juga menanamkan teknologi Physics pada PES 2011. Ekspresi wajah ketika mencetak gol dan dilanggar oleh pemain lain dapat lebih terlihat hidup.
Suasana lapangan dan pencahayaan tidak terlalu berbeda dengan versi sebelumnya. Namun tetap terlihat ada peningkatan kualitas grafis. Kostum pemain terlihat lebih nyata dari sisi pencahayaan. Tampilan replay yang disajikan pada saat pemain melakukan pelanggaran juga terlihat lebih halus dan nyata.
Pada saat memulai permainan camera akan sedikit bergerak keatas lapangan sehingga terlihat lebih fresh animasinya. Pada saat bermain game hanya akan menampilkan informasi skor, waktu dan radar dibagian bawah. Lebih simpel seperti yang biasa kamu lihat kalau sedang menonton pertandingan sepak bola. Keterangan tentang stamina dan shot power sudah dipindahkan ke pemain itu sendiri sehingga lapangan tampak lebih “bersih”. Pada saat ada pemain yang berlari kebagian sisi lapangan mendekati radar, maka radar akan perlahan-lahan menghilang. Sangat berguna sebab sering kali di versi sebelumnya kita kesulitan kalau menyerang disisi lapangan karena pandangan terhalang oleh radar.
Selama permainan PES  2011 akan menampilkan informasi-informasi seputar pertandingan yang sedang berlangsung seperti jumlah shot on target, shot on goal, dan masih banyak lagi. Lagi-lagi mirip seperti ketika kita sedang nonton sepak bola sesungguhnya 

Suara Kurang Berkesan

Entah DHINATACOM merasa efek suara pada PES 2011 terkesan biasa saja. Tidak ada peningkatan yang berarti dibanding versi sebelumnya. Beberapa efek suara memang ditambahkan. Ada soundtrack baru yang diperdengarkan. Namun tetap masih terasa kurang “mengigit” kalau disandingkan dengan tampilan menu dan kualitas grafisnya. Malah lebih suka soundtrack yang dipakai pada video pembuka game ini.
Coba bandingankan dengan soundtrack PES 2008 – Go for the goal, jauh lebih dinamis! Juga pada suara yang terdengar saat memulai Master League, League/Cup, Become A Legend, memang terdengar elegan tapi sepertinya kok kurang sporty yah? 
Posisi komentator masih dipegang oleh Jon Champion, namun kali ini rekannya beda bukan lagi Mark Lawrenson tapi digantikan oleh Jim Beglin. Cukup membantu supaya suara komentator terdengar lebih fresh.

Gameplay PES 2011

Menarik, gameplay dari serial game PES meskipun terus berubah disetiap versinya tetap akan selalu disukai para fansnya. Seperti yang sudah kita baca pada info PES 2011 yang beredar sebelum game ini resmi di rilis bahwa akan ada peningkatan dan perubahan pada sistem kendali, kecepatan dan pertahanan yang lebih baik. Berbagai perubahan yang ada akan berdampak juga pada pola permainan yang selama ini kita pakai saat bermain.
Ketika baru mencoba PES 2011, menggiring bola ke area lawan akan menjadi tantangan. Belum lagi ketika melakukan operan pendek dan jauh, bola yang digulirkan bisa saja tidak pas sampai ke arah pemain. Ketika memasuki daerah lawan, terutama ketika kita menggiring bola memasuki area pada kotak pinalti pemain belakang lawan tidak segan-segan untuk mendorong dan menjatuhkan kita untuk menekan permainan. Terutama ketika  bermain pada mode Professional dan Top Player.
Shot power bar juga berbeda. Agak cukup sulit untuk menentukan seberapa keras tendangan yang kita lakukan saat pertama kalu bermain. terutama ketika melakukan Free kick langsung ke arah gawang. Butuh waktu untuk mempelajari tampilan menu baru untuk  mengatur strategi, formasi, dan pengaturan lainnya. Dibalik segala kesulitannya ini merupakan tantangan bagi para game untuk belajar banyak hal baru. Setidaknya butuh 5-10 kali pertandingan untuk membuat kita membiasakan diri pada game ini. Memadukan fitur, trick dan skill yang kita miliki akan sangat mengasyikkan saat bermain.

PES 2011 Lebih Fleksibel

Menu Extra Content akan membuat permainan jadi gak membosankan! Berbagai “content” baru yang unik bisa digunakan untuk bermain seperti model potongan rambut, kepala, bola, dan elemen stadion bisa di ganti sesuai pilihan kita dengan elemen yang tersedia pada game ini. Lucu juga yah kalau ada pemain yang pakai topeng gladiator dan bola permen waktu main 
Semua content ini dapat “di beli” dengan GP (gamescore points) yang kita dapat selama bermain dan membuat prestasi di PES 2011 
Seperti biasa PES 2011 membutuhkan Patch tambahan agar tampilan game seperti logo klub dan kostum menjadi ASLI. Informasi cara mendapatkan patch PES 2011 akan ditulis juga pada blog ini.

Gallery Screenshot PES 2011 PC

Klik pada gambar dibawah ini untuk melihatnya dalam skala lebih besar:

 

 

Kesimpulan

Kelebihan:
  • Kualitas grafis yang memukau 
  • Gameplay lebih terasa menantang 
  • Menu Extra Content membuat game lebih personal dan variatif
  • Desain menu yang menarik 
  • Fitur online Master League 
  • Ada kompetisi baru Copa Santander Libertadores 
Kekurangan:
  • Suara masih kurang mengesankan 
  • Lisensi masih kurang lengkap  
  • Kinerja wasit masih kurang memuaskan    

Game Score

  • GAMESPOT: 8.0
  • IGN: 9
  • videogamer: 7
  • EUROGAMER: 7
  • DHINATACOM: 9

0 komentar:

Posting Komentar